Tuesday 26 June 2018

Usai Tak Lagi Jadi Gubernur, Rano Karno Bikin ‘Si Doel The Movie’. Penasaran? Ini Trailernya…!


Siapa yang tidak mengenal Rano Karno. Tokoh satu ini merupakan pesohor yang terkemuka di tanah air. Pria ini awalnya merupakan seorang aktor. Namanya sempat merajai dunia perfilman Indonesia. Apalagi Rano merupakan salah satu putra dari insan penting perfilman lokal: Soekarno M. Noer.
Poster film Si Doel The Movie. Pic source: sidomi.com

Di awal 1990-an, tatkala dunia layar lebar sedang surut dan merambah ke saluran televisi, Rano Karno masih mempunyai tajinya. Lelaki ini memproduksi sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Kita semua bisa mengakui. Bahwa sinetron Si Doel ini merupakan salah satu legenda di dunia televisi tanah air.

Ya, bagiku amatlah sulit untuk menandingi sinetron Si Doel tersebut. Di masa itu, sinetron pada umumnya tayang secara mingguan alias weekly. Jauh berbeda dengan sinetron masa kini yang semuanya tayang setiap hari atau daily.
Secara kualitas pun, rasanya sangat jauh jika membandingkan sinetron di masa 1990-an dengan sinetron zaman now. Contohnya Si Doel garapan Rano Karno ini. Dengan penayangan seminggu sekali, kukira rumah produksi dari sinetron yang bersangkutan akan memiliki waktu yang cukup, untuk mengemas sinetron dengan kualitas tertentu.

Hhmm…, jauh berbeda dengan sinetron yang diproduksi di masa kini. Dengan sistem stripping alias kejar tayang, bagiku sinetron telah kehilangan jatidirinya. Padahal, apabila sinetron dikerjakan dengan baik dan niat, maka sinetron tidak sekadar menjadi tontonan hiburan belaka. Namun bisa saja menembus dimensi lainnya.
Yaahh…, cobalah korek kembali ingatanmu terkait sinetron Si Doel. Sinetron yang mulai tayang lebih dari 20 tahun yang lalu. Si Doel seolah bertabur bintang. Setidaknya bintang di zaman 1990-an.
Selain Rano Karno sebagai dedengkot utama, ada aktor-aktor lain yang kalibernya tak main-main. Di masa lalu, Si Doel diperkuat oleh alm. Benyamin Syuaib. Ada pula alm. Basuki, alm. H.Tile, dan Aminah Tjendrakasih.



Si Doel juga dihiasi oleh aktor kocak macam Mandra dan Suti Karno. Untuk urusan romantisme? Tenang. Sinetron Si Doel juga didukung oleh aktris-aktris cantik macam Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedy. Mereka berdua memerankan tokoh Sarah dan Zaenab. Dua karakter yang sepertinya sampai kiamat terus-terusan memperebutkan cintanya Doel, sang tokoh utama di sinetron Si Doel.
Namun seiring berubahnya zaman, Si Doel pun harus tergerus eksistensinya. Yang kuingat, seri terakhir dari sinetron Si Doel ditayangkan pada 2005 silam. Tepatnya di layar Indosiar, dengan tajuk Si Doel Anak Gedongan.
Aku perlu untuk mengajukan satu pertanyaan sederhana. Apakah kamu penonton setia dari sinetron Si Doel…? Kalau iya, toss! Aku memang sengaja untuk menulis artikel ini, karena sedang ingin mengenang sinetron yang legendaris tersebut.
Poster resmi Si Doel The Movie. Pic source: 21cineplex.com

Tak hanya sekadar mengenang. Aku juga hendak mengabarkan satu berita yang menyenangkan…! Mungkin diantara kamu belum tahu soal ini. Oleh sebab itulah, aku sengaja mengabarkannya untukmu.
Buat kamu-kamu yang merupakan penggemar berat dari sinetron Si Doel, Rano Karno telah menghadirkan sebuah kejutan. Kejutannya adalah: Si Doel bakal naik tayang ke versi layar lebarr…!!!
Ya, aku sungguh bahagia dengan kabar ini. Kupikir Si Doel telah tamat. Tak ada lagi jalan cerita yang berlanjut. Namun ternyata aku salah. Rano Karno rupanya masih melanjutkan cerita romantisme diantara Doel-Sarah-Zaenab yang legendaris itu.
Daripada penasaran, ini lho. Aku kasih trailer dari film Si Doel The Movie:

Gimana…? Kamu mulai penasaran? Nggak sabar untuk segera menontonnya? Sama, aku juga! Si Doel The Movie bakal naik layar pada 2 Agustus besok. Asyiikkk…! Film ini masih diperkuat oleh orang-orang ‘lama’. Selain Suti Karno dan Mandra, masih ada Cornelia Agatha dan Maudy Koesnaedy. Ada pula Aminah Tjendrakasih (Maknyak) dan Adam Jagwani (Hans).
Aku memberi perhatian khusus kepada Rano Karno. Setelah keok di perhelatan pilgub Banten 2017 kemarin, kukira pamornya bakal tenggelam. Meski sebenarnya, Rano tidak benar-benar undur sebagai figur publik. Ia masih sempat tampil beberapa kali di tayangan Mikrofon Pelunas Utang di Indosiar.
Baiklah. Selamat menunggu film Si Doel The Movie…! Bangga dengan film karya anak negeri.