Tuesday 11 September 2018

Film Tentang Ahok Bakal Dirilis, Seperti Apa Ya Filmnya?


Mantan gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok, tak pernah sepi dari sorotan. Saat ini, pria asal Belitung Timur itu masih menyelesaikan masa hukumannya. Perkiraan, awal tahun 2019 Ahok dapat kembali menghirup udara kebebasan.
Kabar hendak bebasnya Ahok, tentu disambut sukacita oleh para pendukungnya. Simpatisan Ahok yang dikenal sebagai ahokers, sepertinya sudah tidak sabar untuk menyambut kebebasan tokoh yang satu ini.
Ahok memang kondang. Meski ia masih dipenjara, berita tentangnya masih sanggup mencuri perhatian khalayak. Apa pun yang berkaitan dengan Ahok, selalu sukses menjadi sorotan.




Masih ingat dengan huru-hara napi terorisme di Mako Brimob Depok? Peristiwa yang terjadi pada Mei lalu itu, tak pelak turut membawa-bawa nama Ahok. Banyak pendukung Ahok yang mengkhawatirkan keadaan Ahok. Tetapi syukur. Lelaki beranak tiga ini baik-baik saja.
Isu yang menyebutkan bahwa Ahok akan mengajukan Peninjauan Kembali (PK) atas kasusnya, juga sempat mengemuka. Kabar ini sontak menyulut ketidaksukaan dari para pembencinya. Para haters tentu tidak senang dengan upaya tersebut.
Cerita tentang Ahok memang tak pernah berhenti. Di awal 2018 kemarin, Ahok memberikan kabar yang mencengangkan. Pria ini menggugat cerai istrinya, Veronica Tan. Tak perlu drama berkepanjangan seperti kisah para selebriti, perpisahan itu telah terjadi. Dan Ahok telah resmi menduda.
Basuki Tjahaja Purnama. Pic source: news.detik.com

Baru-baru ini, Ahok diisukan bakal kembali menikah. Wooow…, isu ini tentu menarik. Status Ahok memang telah menjadi duda. Jadi ia bebas untuk mencari pendamping hidup, selepas berpisah dengan Veronica.
Selentingan yang beredar, seorang polwan bernama Puput Nastiti Devi adalah wanita yang akan disunting Ahok. Namun entah. Apakah itu benar atau tidak. Tunggu saja setelah Ahok bebas nanti. Toh, perkawinan adalah urusan privasi. Tak perlu digembar-gemborkan ke publik.
Dari sekian berita terkait Ahok, aku lebih antusias dengan sebuah film layar lebar yang hendak menceritakan soal Ahok. Film layar lebar…? Ya! Kisah seorang Basuki Tjahaja Purnama akan segera hadir melalui layar bioskop.
Film tentang Ahok ini berjudul A Man Called Ahok. Sebuah cuplikan atau teaser telah diunggah di Youtube. Kamu penasaran…? Ini, aku kasih teaser-nya:

Gimana…? Mulai penasaran? Sama! Jujur, aku adalah pecinta film-film lokal. Dan ketika ada seorang tokoh yang kisah hidupnya hendak diangkat ke layar lebar, aku sering dibuat penasaran.
Film tentang Ahok ini diadaptasi dari sebuah buku yang judulnya identik. Karya dari Rudi Valinka. Seorang pria yang aktif melalui akun Twitter @kurawa. Kalau kamu baca-baca cuitannya, Rudi Valinka merupakan die hard Ahok. Hehee.
Penampakan buku 'A Man Called Ahok'. Pic source: id.carousell.com

Seperti yang sudah aku sebutkan sebelumnya. Film yang bercerita tentang perjalanan hidup dari seorang tokoh, sungguh menarik bagiku. Film yang berbentuk audio visual, tentu lebih menarik ketimbang sekadar membaca narasi-narasi di dalam sebuah buku. Namun di luar itu, buku dan film mempunyai kelebihannya masing-masing. Tak perlu diperdebatkan, mana yang lebih unggul.
Dari teaser yang sudah dirilis tersebut, ‘A Man Called Ahok’ diperkuat sejumlah aktor kawakan tanah air. Sebagai Ahok versi dewasa, ada Daniel Mananta. Wow, aku sendiri cukup excited dengan terpilihnya Daniel sebagai pemeran Ahok.
Bagaimana tidak…? Daniel Mananta adalah mantan VJ MTV, yang notabene merupakan acara musik yang pembawaannya harus fun dan ringan. Selepas tak lagi menjadi VJ, Daniel identik dengan Indonesian Idol. Sebuah ajang pencarian bakat yang tayang di RCTI.

Well, kupikir tokoh Ahok bisa diperankan oleh aktor-aktor lain yang image-nya lebih serius. Seperti Joe Taslim, atau Nicholas Saputra. Weiittss…, jangan underestimate dulu. Nicholas pernah memerankan sosok Soe Hok Gie di 2005 lalu. Dan sukses, kaaan…?!
Tapi ya sudahlah. Toh filmnya juga sudah kelar kayaknya. Tinggal menunggu waktu yang pas untuk naik ke bioskop. Dan kukira, pihak produser memiliki pertimbangan yang matang. Hingga akhirnya memutuskan Daniel Mananta adalah aktor yang pas untuk peran Ahok tersebut.
Selain Daniel Mananta, ada Denny Soemargo. Juga ada aktor Malaysia yang bermain apik di Cek Toko Sebelah, Chew Kin Wah. Ada pula Eriska Rein dan Sita Nursanti. Dengar-dengar, aktris yang wara-wiri di ftv, Jill Gladys, juga dilibatkan. Ia akan berperan sebagai Veronica, mantan istri Ahok.
Sebagai penonton setia film Indonesia, aku mulai menunggu-nunggu. Kapan kiranya ‘A Man Called Ahok’ tayang di bioskop. Aku hanya berharap, semoga film ini bisa rilis dengan lancar. Dan mampu menghadirkan sudut pandang lain dari seorang Ahok.
Aku belum bisa berekspektasi lebih. Karena filmnya saja belum beredar. Aku juga belum membaca bukunya. Jadi belum bisa mengkomparasikannya lebih jauh. Kita tunggu saja filmnya. Semoga benar-benar memberikan kejutan!