Thursday 25 October 2018

‘Hanum & Rangga’, Film Terbaru dari Novelnya Hanum Rais. Kamu Tertarik Nonton…?


Gonjang-ganjing soal kebohongan Ratna Sarumpaet masih belum sepenuhnya reda. Kasus ini kadang masih mengemuka, tatkala ada update terbaru yang diberikan pihak kepolisian.
Ratna Sarumpaet harus lebih lama memendam keinginannya untuk menghirup udara bebas. Kabar terakhir yang kudengar, masa penahanannya sebagai tersangka kasus hoax, telah diperpanjang oleh polisi. Malang nian nasibnya, apalagi permohonannya untuk menjadi ‘tahanan kota’, ditolak mentah-mentah.
Kasus kebohongan Ratna Sarumpaet, tak pelak turut menyeret banyak figur. Beberapa orang telah dipanggil kepolisian untuk dimintai keterangan. Mereka diantaranya adalah Amien Rais, Nanik S. Deyang, Said Iqbal, Dahnil Anzar, dan Atiqah Hasiholan. Nama yang tersebut terakhir adalah putri dari Ratna, yang juga seorang aktris.




Sementara figur lainnya adalah tokoh-tokoh di barisan oposisi. Mereka yang telah dimintai keterangannya oleh polisi, adalah dedengkot utama di kubunya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.
Aku tak tahu. Apakah aparat masih akan memanggil tokoh lainnya, untuk dikorek-korek informasinya. Namun yang jelas, kasus hoax yang diciptakan Ratna Sarumpaet ini memang menyedihkan. Menyedihkan dan menjijikkan.
Oh ya. Barangkali kamu masih ingat, siapa-siapa saja yang ‘tampil’ ke muka publik, untuk membela seorang Ratna Sarumpaet. Sebelum Ratna mengakui kebohongannya pada 3 Oktober 2018, sejumlah tokoh memang telah memberikan reaksinya atas dugaan penganiayaan yang menimpa Ratna.
Selain Prabowo Subianto yang bahkan sampai mengadakan konferensi pers pada 2 Oktober malam, aku memberikan penekanan terhadap sosok Hanum Rais. Ya, Hanum Rais. Dari nama belakangnya saja, kamu sudah mafhum kalau wanita ini adalah putrinya my lord Amien Rais. Huahahahaa.
Hanum Rais. Pic source: idntimes.com

Well, kalau ngomongin bagaimana pembelaan yang dilakukan oleh para tokoh oposisi terhadap Ratna Sarumpaet, kurasa reaksi seorang Hanum Rais lah juaranya…! Bagaimana tidak juara?! Perempuan ini sampai nangis-nangis bombay gitu, seraya memeluk erat tubuh Ratna Sarumpaet, di hadapan para wartawan yang meliput mereka.
Tidak cukup mengeluarkan air mata (buaya). Bahkan Hanum Rais sampai memberikan pernyataan, yang barangkali merupakan salah satu pernyataan ter-epic tahun ini. Menurut dia, si Ratna itu bak seorang Cut Nyak Dien…! Wagelaseh,,, muke gile…?!
Mendengar pernyataan Hanum Rais tersebut, aku spontan tertawa ngakak, sekaligus heran. Darimananya ya? Bisa menyandingkan sosok Ratna Sarumpaet dengan pahlawan Cut Nyak Dien…?!
Dan pernyataan ini semakin blunder, tatkala Ratna mengakui bahwa penganiayaan yang diceritakannya adalah kebohongan belaka. Mampus! Aku tak bisa membayangkan. Seperti apa air muka si Hanum. Ketika mendengar bahwa Ratna ternyata cuma ngibul.



Oleh sebab inilah. Pantaslah jika Hanum Rais turut dimintai pertanggungjawabannya, atas kabar hoax penganiayaan Ratna Sarumpaet, yang sudah kadung menggelinding kencang. Perempuan ini disinyalir telah turut ngompor-ngompori, dan berusaha meyakinkan publik bahwa Ratna telah mengalami kekerasan.
Apalagi katanya, Hanum Rais ini juga berprofesi sebagai dokter gigi. Dalam sebuah cuitannya di Twitter yang di-capture oleh warganet, Hanum bahkan membawa-bawa statusnya sebagai dokter, untuk meyakinkan masyarakat bahwa luka lebam di sekujur wajah Ratna adalah benar karena penganiayaan.
Apa lacur. Rupanya luka itu adalah hasil bedah plastik yang dilakoni Ratna Sarumpaet. Jadi tidaklah mengherankan. Jika ada pihak yang merasa keberatan dengan pernyataan Hanum yang membawa-bawa profesi dokter untuk melakukan pembenaran. Dan ternyata itu adalah kebohongan.
Screenshot dari nasional.tempo.co

Seperti cuplikan berita yang kusematkan di atas. Kamu bisa membaca lengkapnya di sini. Ada pihak yang akhirnya melaporkan cuitan Hanum Rais, kepada organisasi profesi dokter. Dan karena Hanum adalah dokter gigi, maka laporan ini ditujukan kepada Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI).
Laporan ini dilayangkan, karena ada anggapan bahwa Hanum Rais telah melakukan pelanggaran kode etik sebagai dokter gigi. Oleh sebab itu, pihak PDGI diharapkan dapat memberikan sikapnya, atas pernyataan yang telah dilontarkan Hanum Rais kepada publik soal Ratna Sarumpaet.
Fiuuhh…, ya itulah. Ungkapan mulutmu harimaumu, rasanya benar-benar berlaku untuk Hanum Rais. Karena pernyataannya yang terlalu konfiden, eh ternyata senjata makan tuan. Wanita ini bahkan dituduh telah menggunakan titel dokter untuk berbohong. Nah loh…!
Tetapi Hanum Rais sepertinya berusaha untuk move on. Ia sudah menyampaikan permintaan maaf, atas keteledorannya dalam kasusnya Ratna Sarumpaet. Wanita ini dengan cepat mengalihkan perhatiannya kepada hal-hal lain, yang salah satunya adalah promo film terbaru yang berjudul Hanum & Rangga.

Hhmm…, gimana? Kamu sudah lihat cuplikan video di atas? Ya, ini adalah trailer dari film layar lebar, yang diangkat dari novelnya Hanum Rais bersama suaminya, Rangga Almahendra.
Tetapi aku jadi merenung. Setelah terlibat dalam kehebohan kasusnya Ratna Sarumpaet, bagaimanakah keadaan Mbak Hanum sekarang…? Apakah ia masih percaya diri untuk show off kembali…? Hehee, entahlah.
Aku jadi khawatir. Jangan-jangan, apa yang sudah dilakukan Hanum dalam kasusnya Ratna, akhirnya turut memengaruhi minat orang untuk menonton filmnya. Bisa jadi, orang akan antipati dengan segala hal terkait Hanum Rais. Termasuk film yang diadaptasi dari novel-novelnya.
Oke. Aku tak mau berpanjang-panjang lagi. Nanti dikira aku sedang mempromosikan film ini lagi? Hihii. Terserah kamu deh. Mau nonton ya monggo, enggak juga gak papa.