Sunday 16 December 2018

Pengalaman Pertama Booking dan Menginap Via Airy Rooms


Aku bukanlah seorang yang menjalani kehidupan sehari-hari, yang mengharuskanku melakukan perjalanan setiap saat. Bahkan jujur, dalam setahun bisa dihitung dengan jari. Berapa banyak aku melakukan perjalanan ke luar kota, yang membuatku meninggalkan rumah untuk beberapa hari.
Salah satunya, sebuah pengalaman yang baru saja kujalani. Di awal Desember barusan, aku mempunyai suatu urusan, yang membuatku harus menyambangi Jakarta. Keperluanku di ibukota sebenarnya tidak lama. Cuma sehari. Tetapi jika ditambah dengan perjalanan ketika berangkat ke Jakarta dan pulang, maka waktu yang kuhabiskan sekitar 3 hari.

Dari agendaku ini, ada satu malam dimana aku memerlukan penginapan. Tentu ada ribuan hotel dan penginapan, yang tersebar seantero ibukota. Namun agar lebih efektif, sudah pasti aku memilih satu penginapan, yang jaraknya tidak terlalu jauh dengan tempat yang menjadi keperluanku.
***
Rezeki itu memang tidak kemana. Yaps, aku betul-betul meyakini ungkapan ini. Bagaimana tidak…? Beberapa hari sebelum aku melakukan perjalanan ke Jakarta, tiba-tiba ada email masuk. Email itu berasal dari Google Local Guides.

Sebagai pengguna ponsel android, harusnya kamu sudah tidak asing dengan fitur Local Guides tersebut. Pada fitur Local Guides ini, kita bisa memberikan beberapa kontribusi.
Diantaranya menuliskan ulasan mengenai suatu tempat, yang pernah kita sambangi atau kunjungi. Memberikan penilaian atas tempat tersebut, dari bintang 1 hingga bintang 5. Termasuk mengunggah foto-foto, yang nantinya dapat dilihat oleh semua orang pengguna Google.
Dengan melakukan sejumlah kontribusi di atas, orang lain yang hendak mengunjungi tempat-tempat yang sudah pernah kita datangi tersebut, setidaknya bisa memperoleh gambaran. Gambaran atau referensi, yang berasal dari ulasan mau pun foto-foto yang sudah kita unggah sebelumnya.
Nah, seperti itulah simpelnya fitur Local Guides tersebut. Ketika ke luar rumah, acapkali fitur ini muncul secara otomatis. Dan sebenarnya aku hanya iseng sih. Memberikan sejumlah ulasan dan penilaian, terhadap sejumlah tempat yang kebetulan kusambangi atau kulewati.
Eehh…, ternyata keisenganku ini membuahkan sesuatu. Rupanya pihak Google menghargai ulasan-ulasan yang pernah kubuat melalui fitur Local Guides. Dan tiba-tiba, aku dikirimi email. Yang isinya sebuah reward atas kontribusiku di Local Guides.
Reward itu berupa, voucher potongan 30 ribu, untuk menginap di hotel melalui situs Airy Rooms. Horeee…, begitu mendapatkan email yang berisi voucher ini, tentu aku girang. Yah, barangkali bagimu nominal 30 ribu itu tidak seberapa.
Namun bagiku sebaliknya. Voucher ini kudapatkan, karena keisenganku yang hanya ingin memberikan secuil ulasan-ulasan. Agar bisa dijadikan referensi bagi orang lain, yang sedang mencari suatu lokasi melalui Google Maps.
Dan voucher inilah yang kuyakini sebagai rezeki tidak kemana. Tatkala aku bakal melakukan perjalanan ke Jakarta, dan harus menginap semalam di sana, voucher ini datang sebagai pelengkap. Hehee.

Setelah memperoleh voucher potongan dari Local Guides, aku pun mencari-cari informasi. Seperti apakah Airy Rooms tersebut. Karena sebelumnya aku memang belum pernah menggunakan jasa Airy. Well…, aku sempat melihat iklannya Airy yang diputar di televisi. Jadi kusimpulkan, situs ini harusnya kredibel alias bisa dipercaya.
Jadi simpelnya, Airy adalah sebuah situs yang menyediakan penginapan budget. Maksudnya, Airy bekerja sama dengan banyak jenis hotel dan penginapan, untuk mengakomodir segala tipikal traveller. Mulai dari traveller yang berdompet tebal, hingga pelancong yang duitnya cekak alias pas-pasan. Hihii.
Airy menyediakan hotel atau penginapan, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan para pengguna. Termasuk soal budget alias harganya per malam. Waooww…, aku cukup excited dengan Airy ini…!
Voucher diskon Airy yang kudapatkan dari Google Local Guides, praktis langsung terpakai. Keperluanku di ibukota, berlokasi di Jakarta Timur. Tepatnya di sekitar Kramat Jati. Oleh sebab itu, aku sengaja mencari penginapan yang berlokasi di sekitar Kramat Jati.
Aku langsung mengunduh aplikasi Airy melalui Play Store. Daaan…, sekejap mata aku sudah bisa memilih-milih, kamar seperti apa yang kubutuhkan. Airy menyediakan berbagai pilihan kamar hotel, yang sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing.
Setelah memilah-milah, akhirnya aku menjatuhkan pilihan pada Maerokoco Syariah Inn. Bagiku lokasinya pas, sesuai dengan keperluanku. Bertempat tidak jauh dari Jalan Raya Bogor, dan dekat dengan Pasar Induk Kramat Jati.
Aku sengaja booking penginapan ini, karena dari situ aku tinggal berjalan sekitar 5 menit, untuk menjangkau halte Transjakarta Pasar Induk Kramat Jati. Ya, berdekatan dengan shelter busway, bagiku adalah keharusan. Karena aku lebih suka berkeliling ibukota menggunakan Transjakarta. Sekali jalan cuma 3.500 perak cuy…! Udah bisa kemana-mana, hehee.



Jadi kesimpulannya, Maerokoco adalah losmen yang telah bekerja sama dengan Airy. Dan aku pun memilihnya, untuk menginap semalam. Di aplikasi, pada sesi pembayaran, kumasukkan kode voucher yang telah kudapatkan. Jadi deh, harga yang harus kubayar resmi dikurangi 30 ribu. Senangnya…!
Untuk melakukan pembayaran pada Airy, ada sejumlah pilihan. Bisa menggunakan transfer lewat internet atau mobile banking. Bisa juga transfer via ATM. Kalau aku, lebih suka lewat Indomaret. Jadi pada pilihan pembayaran, aku memilih opsi bayar via Indomaret.
Ketika telah selesai memilih pembayaran, email transaksi akan dikirim. Berisi informasi, bagaimana teknis pembayaran melalui Indomaret. Selanjutnya, tinggal mampir ke Indomaret terdekat. Lalu bayar ke kasir deh, tagihannya. Ditambah biaya admin 2.500 perak.
Cepat bak shinkanzen…! Tidak lama setelah menyelesaikan pembayaran di Indomaret, aku mendapatkan email konfirmasi. Bahwa pembayaran untuk booking kamar Airy sudah dilakukan alias lunas.
***
Pada waktu yang telah ditentukan, akhirnya aku check in ke hotel yang sudah kupilih. Perlu diketahui, waktu check in hotel lewat Airy, baru bisa dilakukan pada pukul 14.00. Dan check out maksimal pukul 12.00.
Setelah memasuki kamar hotel yang telah kupesan, aku mencoba memastikan. Apa saja fasilitas standar yang dijanjikan oleh situs Airy. Alhamdulillah, tidak mengecewakan. Kasurnya springbed. Ada meja kursi. Televisi flat, dan AC. Kamar mandi juga dilengkapi dengan air panas. Perfect…!


Oh ya. Airy juga memberikan satu pouch, yang berisi sabun dan shampoo. Pouch ini bisa dibawa pulang lho, hehee. Terdapat sejumlah snack di atas meja. Karena menyediakan makanan ringan merupakan salah satu standar dari kamar-kamar yang berlabel Airy.


Untuk urusan air minum, don’t worry. Losmen yang kupilih, ternyata menyediakan dapur mini untuk membuat minuman hangat. How lucky I am. Dapur ini amatlah berguna. Karena saat aku berkunjung ke Jakarta kemarin, hujannya lagi nggak santai. Jadi lumayan ‘kan, pas dingin-dingin gitu, bisa bikin teh hangat. Sedaaappp…!
Oke. Seperti inilah pengalamanku booking hotel pakai Airy untuk pertama kalinya. Seru deh pokoknya. Prinsipku sih hanya satu. Jalanilah hidup ini sesuai kemampuan. Nggak usah sok gengsi.
Lebih baik sederhana dan sesuai kebutuhan. Daripada terlihat tajir, tapi dikejar-kejar debt collector. Iihhh…, nggak keren?!   

No comments:

Post a Comment