Saturday 24 January 2009

UKLAM TAHES DI AWAL 2009

MALANG – Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk lebih mendekatkan diri dengan rakyat yang dipimpinnya. Misalnya menyelenggarakan berbagai acara yang bertujuan untuk merekatkan kedekatan antara masyarakat umum dengan kalangan eksekutif di pemerintahan. Salah satunya adalah acara jalan sehat yang kemarin berlangsung di Bundaran Jalan Simpang Balapan, Kota Malang.
Acara jalan sehat pada hari Minggu, 18 Januari 2008 ini bertajuk “Uklam Tahes Menuju Indonesia Sehat 2010”. Sekitar dua ribu masyarakat seantero Kota Malang tumpah ruah pada acara yang dimulai sekitar pukul 05.30 WIB tersebut. Walikota Malang Peni Suparto beserta jajaran muspida Kota Malang juga menghadiri jalan sehat yang berlangsung sangat meriah ini. Melimpahnya hadiah dan doorprice yang disediakan oleh penyelenggara menjadi ketertarikan utama bagi masyarakat untuk mengikuti acara jalan sehat ini.



Apalagi gawe pemerintah kota Malang tersebut dilangsungkan pada hari Minggu pagi, sehingga masyarakat sekalian memanfaatkannya untuk refreshing. Bahkan, peserta jalan sehat juga disuguhi panggung hiburan musik yang dihiasi beberapa penyanyi dangdut lokal. Tidak cuma itu, saat Pak Peni yang merupakan walikota Malang membuka acara jalan sehat ini, kelompok kesenian Reog Ponorogo turut menyapa peserta jalan sehat.
Rute yang dilalui oleh para peserta jalan sehat ini dimulai dari kawasan Bundaran Jalan Simpang Balapan. Kemudian berlanjut melewati Jalan Ijen sebelah timur hingga depan Perpustakaan Kota dan Monumen Bunga. Lalu berbelok kearah barat dan berjalan di ruas Jalan Ijen sebelah barat. Iring-iringan berbelok ke Jalan Wilis, di samping Museum Brawijaya. Perjalanan jalan sehat belum berakhir. Setelah melewati Jalan Wilis, lalu berbelok ke Jalan Simpang Wilis dan berlanjut melalui Jalan Gede. Kemudian rute diteruskan dari Jalan Gede menuju Jalan Simpang Ijen dan kembali lagi ke area pusat acara di Bundaran Simpang Balapan.
Dengan iming-iming hadiah undian seperti sepeda motor, lemari es, sepeda gunung, kompor gas, TV berwarna, DVD Player, beserta ratusan doorprice menarik, membuat para peserta jalan sehat mengikuti acara dengan antusias. Apalagi kupon undian yang hanya berharga 2.500 rupiah, terjangkau bagi semua kalangan masyarakat. Potongan kupon undian tersebut dimasukkan kedalam kotak-kotak yang telah disediakan oleh panitia di titik sebelum garis finish di Bundaran Simpang Balapan.
Gerak jalan Uklam Tahes Menuju Indonesia Sehat 2010 ini diselenggarakan atas kerjasama dari Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Malang. Sebagai sponsor utama adalah Decofresh, sebuah merek dagang produk cat tembok kenamaan.
Setelah peserta kembali ke tempat panggung utama berada, acara jalan sehat dilanjutkan dengan hiburan rakyat yang berupa musik dangdut. Termasuk dengan pengundian kupon yang menjadi bagian acara yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat. Pembagian hadiah dan doorprice bagi peserta jalan sehat tidak hanya dilakukan dengan pengundian kupon. Tetapi termasuk juga dengan dibagi-bagikannya bingkisan-bingkisan yang dibalut kertas berwarna coklat, yang dilempar-lemparkan penyelenggara. Sehingga jika ingin mendapatkan bingkisan itu, para peserta jalan sehat harus berebutan dan berlompatan untuk menangkap bingkisan yang “terbang” dari arah panggung.
Sebagai salah satu warga Kota Malang dan peserta jalan sehat kemarin, penulis berharap agar pemerintah daerah menambah jenis acara rakyat seperti ini. Hal ini tidak lain cuma agar pemerintah lebih dekat dengan rakyat yang dipimpinnya. Sekaligus rakyat yang mestinya dilayani oleh pemerintah dengan baik. Semoga acara jalan sehat tersebut bisa kembali diselenggarakan dalam waktu dekat. Karena acara-acara seperti ini adalah bentuk hiburan murah yang mampu dijangkau oleh semua kalangan masyarakat.
VIVA BUMI AREMA….!!!!
SALAM AREMANIA………….. (joejoe tiada duanya!!)

No comments:

Post a Comment